23 Jul 2011

ABOUT JAVA



Apa Sih Java ?

      Java adalah salah satu bahasa pemrograman pada komputer sama seperti pendahulunya C++. Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Sun Microsystem yang dikembangkan pada tahun 1995. Awalnya Java diciptakan pada tahun 1991 oleh Pactrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling, dan Bill Joy beserta programer dari Sun Microsystem. Uniknya nama Java itu sendiri diambil dari nama Pulau Jawa ( bahasa Inggris dari Jawa ) karena Gosling si-Bapak Java ini menyukai kopi tubruk dari Jawa tersebut. Bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan oleh banyak sistem operasi, seperti : Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan Sun Solaris ( Multiplatform ).
 
Apa Saja Versi Java ?

     Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:
·  java.lang : Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
·  java.io    : Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
· java.util : Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan.
· java.net   : Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
· java.awt   : Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
            · java.applet: Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.


Apa Saja Kelebihan Java ?

 Berorientasi objek , Memudahkan untuk mendesign dan mengembangkan program dengan cepat dan teliti , sehinnga mudah digunakan . Salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi objek secara murni .
Mirip c++, Mempunyai sintaks yang mirip dengan bahasa pemrograman c++ . Sehingga para pengguna c++ banyak yang hijrah menggunakan Java .
Multiplatform, Dapat digunakan dibanyak sistem operasi .
Perkembangan yang luas, Dari game sampai sistem operasi handphone menggunakan program java . Misalnya Handphone Sonny Ericsson dan Opera Mini 3 yang bertipe .jar ( Java Archive ) .




Apa Saja Kelemahan Java ?

Proses Compile, Mengharuskan pengguna mengcompile programnya sebelum dijalankan, berbeda dengan bahasa pemrograman python yang tidak perlu mengcompile terlebih dahulu .
Penggunaan Memori yang besar , Berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang hanya membutuhkan memori sedikit
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar